KEINDAHAN PANTAI PANGANDARAN BISA MEMBUAT ORANG HAPPY

Deskripsi Pantai Pangandaran

Pantai Pangandaran merupakan sebuah objek wisata adalan kabupaten Pangandaran. Pantai Pangandaran merupakan destinasi wisata yang menarik wisatawan domestik dan mancanegara yang menawarkan keelokan pasir pantai hitam dan putihnya. Ombak Pangandaran yang tenang dan pemandangan matahari terbenam yang spektakuler membuat pantai ini begitu menawan apalagi ketika sore hari.

Lokasi

Terletak di sebelah tenggara Jawa Barat, tepatnya di Desa Pangandaran, Kecamatan Pangandaran, Kabupaten Pangandaran, Provinsi Jawa Barat.

Sejarah

Desa Pananjung Pangandaran ini Pada awalnya dibuka dan ditempati oleh para nelayan dari suku sunda. Kenapa mereka lebih memilih Pangandaran, karena menurut mereka di pangandran itu gelombang lautnya kecil yang dapat membantu memudahkan mereka untuk mencari ikan. Nah dipantai pangandaran ini terdapat sebuah daratan yang menjorok ke laut yang sekarang disebut Cagar Alam atau Hutan Lindung, Tanjung ini yang meghambat gelombang besar untuk sampai ke pantai. Disini lah para nelayan menjadikan tempat tersebut untuk menyimpan perahu/andar. Banyaknya para pendatang berdatangan ke tempat ini membuat tempat ini menjadi sebuah perkampungan yang di sebut Pangandaran.

Asal mula kata Pangandaran ini berasal dari 2 buah kata yaitu pangan yang artinya “Makanan” dan Daran yang artinya Pendatang. Jadi ke 2 kata tersebut bila disatukan menjadi Pangandaran yang artinya sumber makanan para pendatang.
Dan kenapa para sesepuh terdahulu memberi nama Desa Pananjung? Nah karena disamping daerah ini terdapat Tanjung juga terdapat tempat-tempat keramat. Kata pananjung juga memilki sebuah arti , dalam bahasa sunda Pananjung artinya Panganjung-nanjungna yang berarti paling “subur atau paling makmur”.

Pada awalnya pananjung merupakan salah satu pusat kerajaan yang sejaman dengan kerajaan Galuh Pangauban yang berpusat di putrapinggan abad XIV M. Setelah munculnya kerajaan pajajaran di pakuan Bogor, Nama rajanya Perabu Anggalarang yang salah satunya masih keturunan Perabu Haur Kuning, Raja pertama dikerajaan Galuh Pagauban, Namun sangat disayangkan sekali Kerajaan Pananjung ini hancur diserang oleh para Bajak Laut (Bajo) dikarnakan dari pihak kerajaan tidak bersedia menjual hail bumi kepada mereka, Karena pada saat itu situasi rakyat di pananjung sedang dalam keadaan gagal panen (Paceklik).

Pada tahun 1922 pada zaman penjajahan Belanda oleh presiden priangan Y. Everen pananjung diajadikan taman baru pada saat melepaskan 1 ekor banteng jantan, 3 ekor sapi betina dan beberapa ekor rusa.

Karena Pananjung meiliki keanekaragaman satwa dan jenis-jenis tanaman langka, agar kelangsungan habitatnya maka pada tahunn1934mpananjung dijadikan suaka alam dan marga satwa dengan luas 530 Ha. Dan pada tahun 1961 setelah ditemukannya Bunga Raflesia Padam setatus berubah menjadi cagar alam.Disamping meningkatnya hubungan masyarakat terhadap tempat Rekreasi maka pada tahun 1978 sebagian kawasan tersebut yang luasnya sekitar 37, 70 Ha dijadikan taman wisata. Dan pada tahun 1990 dikukuhkan pula kawasan perairan disekitarnya sebagai cagar alam (470,0 Ha), sehingga luas kawasan pelestarian alam seluruhnya menjadi 1000,0 Ha.

Daya Tarik

1. Pantai Barat Pangandaran adalah tempat wisata yang ideal untuk keluarga serta aman dan nyaman. Di kawasan ini anda bisa berenang, bejemur dibawah matahari atau hanya menikmati pemandangan sekitar.

2. Pantai Timur Pangandaran menyuguhkan surga bagi penggila makanan laut. Ribuan panganan olahan laut ditawarkan, mulai dari restorant dan warung makan dipinggir pantai. Selain warung, disebelah selatan pantai Pangandaran timur juga terdapat pasar ikan segar yang didistribusikan langsung dari nelayan. Selain menjadi surga bagi para pecinta kuliner laut, Pantai Timur Pangandaran juga menjadi destinasi bagi mereka yang gemar berolahraga air seperti jet ski dan banana boat.

3. Pantainya landai dengan air yang jernih serta jarak antara pasang dan surut relative lama, sehingga memungkinkan untuk berenang lebih aman

4. Terdapat pantai dengan hamparan pasir putih

5. Terdapat tanaman laut dengan beragam kehidupan laut yang mempesona

6. Disekitar Pangandaran anda bisa melihat bukit hutan yang merupakan cagar alam. Hutan ini merupakan hutan tempat tinggal banyak monyet, rusa, kerbau dan masih banyak hewan eksotis lainnya

7. Ada juga sejumlah gua alami dan gua buatan yang dibangun oleh Jepang selama perang dunia kedua sebagai bunker.

8. Pantai Pangandaran juga menggelar event pariwisata yang digelar pada tiap bulan Muharam yakni Hajat laut. Acara ini merupakan perwujudan rasa syukur para nelayan Pangandaran kepada tuhan YME dengan cara melepaskan sesajen kelaut lepas.

Harga Tiket

Orang / pejalan kaki Rp 6.000
Sepeda Motor Rp 14.000
Kendaraan jenis Jeep Rp 37.500
Kendaraan jenis Cary Rp 65.000
Kendaraan penumpang besar/jenis L300 Rp 92.500
Bis Kecil /ELF Rp 126.000
Bis Sedang Rp 188.000
Bis Besar Rp 310.000
*Harga tersebut sudah termasuk harga tiket masuk, biaya kebersihan (sampah), Asuransi, dan juga parkir.
Rute

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *